Sabtu, 29 Maret 2008

Orang Lebih Tertarik pada Dirinya Sendiri

Orang lain lebih tertarik pada diri mereka sendiri daripada kepada diri Anda. Oleh karena itu bicaralah lebih banyak tentang lawan bicara Anda. Contohnya, Anda bisa bicara tentang ;

perasaan mereka
keluarga mereka
teman-teman mereka
status mereka
kebutuhan mereka
pendapat mereka
kepemilikan mereka

dan jangan pernah bicara tentang Anda sendiri, dan apa yang Anda miliki, kecuali jika mereka menanyakannya.


Pada dasarnya orang hanya tertarik pada diri mereka sendiri, dan apa saja yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka. Jika Anda ingin sukses dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain, Anda harus menggunakan pendekatan berdasarkan aturan tersebut diatas. Jadi jika lawan bicara tidak bertanya siapa diri Anda dan apa yang Anda miliki, berarti mereka tidak tertarik untuk mendengarnya. Oleh karenanya, Anda tidak perlu bersusah payah mengungkapkannya.

Sebagian orang merasa kecewa dengan prinsip dasar sifat manusia seperti ini, dan menganggap manusia sebagai makhluk egois yang suka mementingkan diri sendiri. Mereka berpendapat, jauh lebih ideal jika kita bersedia memberikan apa yang kita punyai kepada orang lain tanpa memberikan balasan.

Kebanyakan orang yang memberi dengan sepenuh hati - tanpa mendahulukan kepentingan dirinya - sangat memahami aturan dasar yang mengatakan, bahwa "dengan cara tertentu dan pada saat tertentu, selain akan menerima kembali segala sesuatu yang pernah Anda berikan, Anda juga akan mendapatkan tambahan keuntungan".

Memang benar, bahwa setiap tindakan yang kita lakukan dalam kehidupan lebih banyak didasari kepentingan pribadi. Dengan menyumbang, Anda mendapat imbalan berupa perasaan menjadi orang yang murah hati dan dermawan. Imbalan seperti ini bahkan Anda rasakan walaupun Anda menyumbang secara anonim.

Oleh karena itu, jika Anda melakukan sesuatu dengan harapan agar orang lain tidak mementingkan dirinya sendiri, Anda pasti akan merasa kecewa.

Kita tidak perlu merasa malu atau menyesali kenyataan ini. Sifat mementingkan diri sendiri merupakan naluri untuk bertahan hidup yang sudah terekam dalam otak kita, serta merupakan sifat bawaan sejak manusia diciptakan. Ini adalah hal mendasar bagi manusia agar bisa bertahan.

Dengan memahami bahwa manusia senang mementingkan dirinya sendiri, kita memiliki salah satu kunci sukses dalam menjalin hubungan baik antar manusia.

0 komentar:

Recent Comments

About This Blog

  © People Skill 'Computer Logo' by mustyoud.blogspot.com 2008

Back to TOP