Rabu, 23 April 2008

1. Identifikasikan Apa yang Anda Rasakan

"Step one dalam menguasai emosi mari kita bahas bareng-bareng..heheee....!". Seringkali manusia terlalu membebani dirinya, sehingga tidak tahu sedang DISERANG semua perasaan dan emosi negatif, seperti yang di katakan mBak Wendy di kolom komentar, artikel sebelumnya.

Untuk mengantisipasinya, cobalah diam sejenak, kendorkan semua otot dan urat-urat tubuh, rilex dan tanyakan pada diri sendiri " Apakah yang sesungguhnya dirasakan saat ini ?". Jika pertama kali berpikir, "Aku marah", tanyakan lagi pada diri sendiri,"Apakah benar-benar marah ?Atau ada sesuatu yang lain ?. Mungkin yang sesungguhnya dirasakan adalah SAKIT HATI. Atau seperti terperosok jurang".

Kemudian sadarilah bahwa perasaan sakit hati atau tersesat tidaklah seintens perasaan marah. Hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mengidentifikasi apa yang sesungguhnya dirasakan, mulailah menanyakan perihal emosi diri sendiri, sehingga Anda mampu menurunkan intensitas emosional yang sedang dialami dan dapat menghadapi situasi dengan cepat dan mudah.

Jika perasaan Anda mengatakan, "Saya ditolak", pacar, kerjaan dll. Anda bisa menanyakan, "Apakah ditolak karena terpisah dari orang yang dicintai ?, ditolak karena kecewa ?, atau ditolak karena sedikit tidak nyaman ?". Ingatlah kekuatan Transformasional agar segera menurunkan intensitas.

Sekali lagi, bila mengidentifikasikan apa yang dirasakan, turunkan intensitas lebih lanjut. Itu jauh lebih gampang dipelajari daripada emosi.

2 komentar:

namaku wendy 23 April 2008 pukul 23.12  

hehehe kirain... tenyata ada lanjutane to, ada penjelasan dan pembahasab lebih lanjut to?!! ngobroool duooong:p seeep_lah

Anonim 23 April 2008 pukul 23.54  

yups.....!, ntar sampe..abis deh !.

Recent Comments

About This Blog

  © People Skill 'Computer Logo' by mustyoud.blogspot.com 2008

Back to TOP