Selasa, 29 April 2008

4. Percaya Diri

Percaya dirilah bahwa Anda dapat menangani emosi dengan segera. Cara tercepat, tersederhana dan terhandal yang saya tahu dalam menangani emosi apapun adalah dengan mengingat saat merasakan emosi yang sama dan menyadari diri telah berhasil menangani emosi sebelumnya.

Karena telah menanganinya di masa lalu, tentu Anda dapat tangani hari ini. Buktinya, jika telah punya sinyal Tindakan sebelumnya dan telah melaluinya, Anda memiliki strategi mengubah emosi.

Jadi berhentilah sekarang juga, pikirkan situasi saat merasakan emosi yang sama, hadapilah dengan positif. Gunakan model peran atau checklist saat ini untuk mengubah cara merasakan emosi.

Apa yang kembali Anda lakukan kemudian ?,. Apakah telah mengubah fokus, pertanyaan dan persepsi ?. Atau telah mengambil tindakan baru ?. Putuskan melakukan hal yang sama saat ini juga, dengan keyakinan akan berhasil seperti yang telah dilakukan sebelumnya.

Jika tertekan dan sebelumnya telah mampu berubah haluan, tanya diri sendiri, "Apakah yang saya lakukan kemudian ?. Apa perlu mengambil tindakan baru yang sama seperti berlari atau menelepon ?. Jika telah membuat perbedaan atas apa yang telah pernah dilakukan, lakukan hal yang sama sekarang, dan Anda akan menjumpai hasil yang sama.

0 komentar:

Recent Comments

About This Blog

  © People Skill 'Computer Logo' by mustyoud.blogspot.com 2008

Back to TOP