Selasa, 08 April 2008

Bakar Perahu Anda..!

Kehidupan ini ada yang mengibaratkan bagai orang yang sedang berlayar mengarungi samudera, ada kalanya ombak besar, badai dan bermacam-macam rintangan yang dihadapi saat dalam pelayaran. Namun tujuan sudah ditetapkan, ke suatu pulau tertentu.

Dan tidak sedikit juga kapal-kapal itu yang tenggelam sebelum mencapai tujuannya. Seperti titanic, tampoemas dua dll, yang telah merenggut banyak korban.

Yang menjadi sorotan kali ini adalah bukan peristiwa tenggelamnya kapal, melainkan bagaimana cara mensikapi, jika kita sudah berada di sebuah pulau tujuan. Ingat pulau tujuan bukanlah suatu akhir dari perjalanan, tetapi awal dari sebuah kehidupan baru yang asing bagi kita sebagai pendatang. Meski kita sudah bisa berkehidupan di kampoeng kita yang lama, di pulau ini semuanya serba baru dan asing, kita mesti bisa tundukkan kepala dan belajar pada orang-orang yang sudah mendiami pulau ini lebih awal.

Sebagai orang baru yang hidup di tanah rantau, pulau baru, kehidupan baru, budaya baru, pacar baru, semuanya serba baru. Sehingga untuk menapaki kehidupan yang serba baru ini kita musti memulainya dari nol, dan ingat semboyan orang rantau "...pantang pulang ke kampoeng halaman sebelum berhasil di tanah rantau...."

Seperti sebelumnya saat dalam perjalanan diatas kapal, dalam kehidupan di pulau ini pun banyak rintangan dan cobaan yang harus dilewati dengan sabar dan pantang menyerah, semua butuh perjuangan dan komitmen tinggi, tak mengenal putus asa. Seorang bijak mengatakan; untuk berhasil, Lakukan yang Anda yakini dan jangan pernah menoleh ke belakang maju terus pantang mundur. Bakar perahu Anda, bakar kapal Anda....!.

Oleh : mustyoud

0 komentar:

Recent Comments

About This Blog

  © People Skill 'Computer Logo' by mustyoud.blogspot.com 2008

Back to TOP