Jumat, 04 April 2008

Cara Berbicara dengan Kaum Pria agar Mereka Mau Mendengarkan

Penelitian membuktikan bahwa kaum pria mengikuti sejumlah pola tertentu pada saat berkomunikasi. Jika Anda seorang wanita, sebaiknya Anda memahami dan mengikuti pola tersebut saat berbicara dengan seorang pria.

Berikut ini sejumlah pola bicara yang biasa digunakan kaum pria. Pola-pola ini disimpulkan berdasarkan hasil scan terhadap otak pria pada bagian yang menunjukkan aliran darah dan fungsi otaknya.

1. Sampaikan pesan Anda satu demi satu

Otak pria secara mental tersekat-sekat, terbagi menjadi beberapa ruangan kecil. Setiap ruangan memiliki fungsi tersendiri yang bekerja secara independen, terpisah satu dari yang lain. Oleh sebab itu, jangan menjejali otak pria dengan berbagai hal sekaligus. Simpanlah gagasan Anda, sampaikan satu demi satu.

2. Beri Dia giliran untuk Bicara

Otak pria sudah terpola untuk hanya berbicara atau hanya mendengar saja. Sebagian besar pria tidak bisa melakukan kedua hal secara berbarengan. Karena itu, pria harus diberi giliran untuk berbicara. Beri dia giliran untuk bicara dan menyelesaikan kalimatnya. Jangan menginterupsi atau menyela.

3. Tunjukkan satu ekspresi wajah ketika mendengarkan

Pria beranggapan bahwa ekspresi wajah yang selalu berubah-ubah saat mendengarkan, menyiratkan adanya masalah mental atau emosi. Karenanya, tunjukkan wajah serius saat mendengarkan pembicaraannya. Ucapkan kata atau gumaman yang dapat memberikan kesan bahwa Anda sedang mendengarkan, seperti : "Oh, saya mengerti", "hm", "oh ya, ya..." agar dia bersemangat melanjutkan pembicaraannya.

4. Berikan Fakta dan Informasi

Otak pria diatur untuk tugas-tugas yang terbagi-bagi dan terpola dan mencari hubungan antara obyek-obyek yang ada. Karena itu, tunjukkan solusi atas masalah, fakta dan bukti-bukti. Jangan mengutarakan sesuatu yang bersifat emosional dan tidak rasional.
Sebaiknya beri pembuktian atas pernyataan Anda.

5. Gunakan kalimat langsung

Berbeda dengan wanita, pria lebih senang menggunakan kalimat lebih pendek dan mengandung fakta, data, informasi serta solusi. Jangan berasumsi atau menyimpulkan sendiri. Bicarakan langsung pokok permasalahannya.

0 komentar:

Recent Comments

About This Blog

  © People Skill 'Computer Logo' by mustyoud.blogspot.com 2008

Back to TOP