Rabu, 02 April 2008

Play Man De'Compo'

Sepintas kalimat judul diatas seperti penggalan kosa kata bahasa inggris atau prancis, pertama kali kalimat itu saya temui di pertokoan daerah Jl. Musi Surabaya yang digunakan sebagai nama sebuah distro dan rumah makan. Setiap kali lewat selalu saya baca dan menerka-nerka "apa ya artinya"...?

Ndilalah(jawa)....wela-dalah.... kalimat itu ternyata adalah dari bahasa Madura yang disrempetkan ke Inggris-inggrisan atau prancis. Yang kalimat aslinya adalah "PLEMAN DE' COMPOK" menjadi "PLAY MAN DE' COMPO'". Makna aslinya adalah "PULANG KE RUMAH".

Bukan karena kalimatnya yang sepintas terlihat keren namun artinya-pun mengandung konotasi yang dalam sekali...! Kalau boleh saya mengartikannya secara bebas adalah "kembali ke fitrah manusia", dimana manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai mahkluq yang paling sempurna dan paling mulia.

Sehingga tidak ada alasan buat manusia untuk mengatakan "saya tidak bisa", "saya tidak mampu" yang terjadi adalah manusia tidak mau melakukan kerjanya, tidak berani membayar harganya.

Jika kita mau "PLAY MAN DE'COMPO'(kembali ke fitrah manusia)" kita bisa mendayagunakan akal dan pikiran kita untuk berkembang dan lebih maju.

Kehidupan dapat berubah saat membuat keputusan baru, selaras dan mempunyai komitmen. Siapa yang mengira orang yang pendiam punya kekuasaan menumbangkan penjajah ?. Keputusan Mahatma Gandhi mengusir Inggris dari India, itulah alat mengubah kekuatan dunia. Tak seorangpun tahu bagaimana ia merealisasikan tujuan. Namun ia bertindak sesuai keyakinan.

Keputusan adalah sumber kekuatan John F Kennedy dalam menghadapi Nikita Khruschev selama krisis Cuba dan mencegah perang dunia III. Keputusan adalah sumber masalah, peluang atau kesenangan. Inilah satu wujud "PLAY MAN DE'COMPO'/PLEMAN DE' COMPOK(kembali ke fitrah manusia) yang membuahkan kekuatan untuk mengubah yang tak tampak jadi nampak, membuahkan keputusan dan kekuatan sejati yang menjadi katalisator untuk mengubah mimpi jadi kenyataan.


Oleh : mustyoud

0 komentar:

Recent Comments

About This Blog

  © People Skill 'Computer Logo' by mustyoud.blogspot.com 2008

Back to TOP